Suka Raba Payudara

Ternyata punya kebiasan meraba payudaranya sendiri. Ini dilakukannya untuk identifikasi dini , ada kejangalan apa tidak dibagian tersebut. Maklum Amy pernah trauma dengan yang namanya kanker payudara. Karena sang mama, pernah divonis terkena penyakit menakutkan itu.

"Yang musti kita lakukan adalah memberikan support pada korban. Sama dengan yang aku lakukan waktu itu, untuk selalu tampil riang dihadapan mama, padahal aku sangat down. Dan papa selalu menasehatiku untuk selalu optimis. Setelah dilakukan pemeriksaan lagi, ternyata mama masih dalam stadium nol, jadi bisa diatasi," ungkap Amy saat disambangi di Pondok Indah Mall dalam acara PITA PINK PROGRAM PEDULI KANKER PAYUDARA, (12/11).

Kini istri pebulutangkis Taufik Hidayat ini,mengaku lebih waspada. "Jangan merasa kita masih muda, membuat kita ceroboh. Paling tidak sekarang musti lebih hati-hati. Kurangi dan jauhi makan makanan junkfood. Dan melakukan pola hidup sehat," tutur Amy. Bagi Amy, selain faktor keturunan, lifestyle juga merupakan faktor dominan penyebab munculnya kanker payudara.

Dan kalau memperhatikan gaya hidup anak muda sekarang, membuat Amy prihatin. Makanya ia tergerak untuk ikut mengkampayekan kepedulian kanker payudara ini. Selain ia bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai penyakit tersebut. Amy juga bisa berbagi pengalaman bagaimana menghadapi seorang yang mengidap kanker.

Mengaku punya perasaan takut dengan kanker payudara, membuat Amy rajin memeriksa diri, apalagi sering diingankan oleh mama. "Untuk sementara ini aku periksa sendiri dengan diraba-raba karena aku masih 25 tahun, sementara yang bisa diperiksa melalui alat, mereka yang telah berumur 35 tahun ke atas. Dan pencegahan yang lainnya adalah lifestyle dan berpikir positif," pungkas Amy.